Kamis, 03 Agustus 2017

Contoh Teks Negosiasi

Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Kegiatan negosiasi sendiri tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari, contohnya negosiasi di lingkungan sekolah yang pasti tidak jauh-jauh dari tema pendidikan.


Berikut ini adalah contoh teks negosiasi bertema pendidikan.


Contoh 1


Guru  : "Selamat pagi anak-anak. Apakah hari ini ada PR?"

Murid : "Ada, Pak. Tetapi banyak dari kami yang belum mengerjakan PR-nya karena kesulitan."

Guru  : "Tidak ada alasan. Saya sudah memberikan kalian waktu seminggu untuk mengerjakannya."

Murid  : "Jangan, Pak. Hampir kami semua belum mengerjakan PR-nya. Bagaimana kalau Bapak memberi kami waktu selama 2 hari?"

Guru  : "Baiklah. Saya akan memberikan kalian waktu 2 hari lagi untuk mengerjakan PR-nya."


Contoh 2



Guru : "Doni, apa kamu bersedia jika saya tunjuk untuk mengikuti Olimpiade Matematika?"

Doni : "Saya tidak yakin, Pak. Karena seperti yang Bapak tahu, nilai saya akhir-akhir ini sedikit menurun. Apa tidak bisa ganti yang lain saja?"

Guru : "Iya, saya tahu nilai kamu sedikit menurun. Tetapi kalau dilatih terus, saya yakin nilai kamu akan membaik lagi. Dan juga saya merasakan potensi yang besar dari dirimu dibanding dengan murid lain."

Doni : "Bolehkah saya memikirkannya selama 2 hari kedepan?"

Guru : "Tentu saja. Jika kamu sudah menentukannya, kamu bisa menghubungi saya."

0 komentar:

Posting Komentar