Jumat, 04 Agustus 2017

Pendidikan Yang Membebaskan

Sebagai manusia, kita membutuhkan pendidikan sebagai proses transformasi ilmu pengetahuan. Pendidikan adalah proses bagi seorang anak manusia untuk menemukan hal yang paling penting dalam kehidupannya, yaitu terbebas dari segala hal yang mengekang kemanusiaannya menuju kehidupan yang penuh dengan kebebasan. Tentu saja kebebasan yang dimaksud bukan kebebasan yang tidak memperdulikan hal apapun.



Tujuan utama pendidikan di Indonesia adalah membebaskan manusia dari segala kebodohan. Namun, sepertinya tujuan pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya terwujud. Pendidikan yang telah berjalan selama ini, mengisyaratkan telah terjadi pemaksaan pada peserta didik, dimana pemaksaan kehendak guru dalam proses belajar mengajar masih mendominasi. Sehingga membuat peserta didik mau tidak mau harus menerima dan mengikuti pembelajaran yang diberikan. Ciri pendidikan seperti ini biasanya lebih mengajarkan peserta didik untuk menghafal daripada memahami.

Dengan pendidikan yang berjalan selama ini, banyak peserta didik yang tertekan atau stress karena dituntut untuk menghafal semua pelajaran walaupun pelajaran itu bukan minatnya. Dan banyak peserta didik yang melampiaskan stress nya dengan melakukan hal-hal yang negatif.

Pendidikan yang kita butuhkan harusnya bersifat membebaskan, dalam artian pendidikan yang diberikan kepada anak didik harus sesuai dengan perkembangan dan potensi yang dimiliki oleh anak didik agar tumbuh berkembang menjadi manusia yang merdeka tanpa unsur paksaan. Jika pendidikan yang membebaskan diterapkan di Indonesia, peserta didik bisa menuntut pendidikan dengan nyaman dan tidak tertekan. Peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami pelajaran yang diminatinya tanpa harus memikirkan pelajaran yang tidak dikuasainya. 
 

0 komentar:

Posting Komentar